Selasa, 11 Juli 2017

Menikmati air jernih di Arboretum Sumber Brantas Batu




Arboretum, di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, diartikan sebagai tempat berbagai pohon ditanam dan dikembangbiakkan untuk tujuan penelitian atau pendidikan. Biasanya, di perkotaan, Arboretum banyak dijadikan sebagai solusi pemenuhan ruang terbuka hijau, konservasi keanekaragaman hayati, mitigasi perubahan iklim, serta daerah resapan air. Namun, saat ini, arboretum banyak dijadikan sebagai salah satu obyek wisata edukatif.


Salah satu obyek wisata Arboretum yakni Arboretum Sumber Brantas yang terletak di Dukuh Sumber Brantas, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu. Selain keindahan alamnya yang eksotis, Arboretum Sumber Brantas juga memiliki berbagai koleksi bunga dan pohon langka yang dapat digunakan untuk kegiatan penelitian/edukasi. Arboretum Sumber Brantas juga merupakan lokasi salah satu mata air Sungai Brantas, yang selanjutnya akan mengalir melalui Kota Malang, Blitar, Kediri, Jombang, Mojokerto, Surabaya, dan terakhir bermuara di Selat Madura.



Obyek wisata Arboretum yang terletak di sebelah timur kaki gunung Anjasmoro ini memiliki udara yang sangat sejuk, dengan suhu rata-rata 10,22 °C. Kesejukan dan keeksotisan kawasan wisata ini akan membuat pengunjung betah berlama-lama untuk berwisata di tempat ini. Untuk masuk ke wilayah Arboretum Sumber Brantas, pengunjung tidak dipungut biaya. Hanya saja pengunjung harus meminta izin terlebih dahulu kepada penjaga Arboretum.



Ketika memasuki area Arboretum Sumber Brantas, mata pengunjung akan dimanjakan dengan kehijauan dari berbagai pepohonan yang menjulang tinggi dan rindang, layaknya suasana hutan yang terlindung. Kesejukan udara dan warna-warni bunga akan mengiringi langkah di atas jalan setapak yang akan mengantarkan pengunjung ke lokasi sumber air Brantas. Tidak hanya itu, di sepanjang jalan menuju ke sumber air, pengunjung juga akan ditemani oleh suara gemericik air yang meneduhkan hati.






Konon katanya, air di sumber air Brantas ini memiliki khasiat membuat awet muda. Airnya jernih dan sejuk. Selain pepohonan, bunga warna-warni, sumber air, ada juga jembatan kayu yang sangat eksotis. Apabila dilihat saat pengunjung berdiri di tepi sungai yang mengalirkan air dari sumbernya, jembatan akan terlihat melintang dan berjenjang. Sangat indah.




Sayangnya, tempat ini belum mempunyai fasilitas pendukung seperti jalan setapak yang lebih memadai, mushola, areal parkir, tempat beristirahat, dsb. Namun, kecantikan tempat ini membuat tempat ini menjadi salah satu obyek wisata yang layak untuk dikunjungi karena banyak memberikan manfaat , disamping keindahan alamnya yang luar biasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keindahan pantai kondang merak

pantai kondang merak Pantai Kondang Merak. Mendengar nama ini memang tidak familiar jika dibandingkan dengan nama pantai Balekambang...